Website in Business

6 Hal Sebelum Anda Redesign Website

6 Hal Sebelum Anda Redesign Website

Saat ini, website merupakan media marketing dan informasi yang vital. Banyak bisnis mulai dari skala besar, menengah hingga kecil memiliki alamat websitenya masing-masing. Bagi bisnis yang telah lama memiliki website, ada saatnya pemilik bisnis berpikir perlu dilakukan redesign website bisnisnya. Apakah Anda berpikir hal yang sama? Perhatikan dulu 6 hal berikut yang kami rangkum dari MNFL Design.

1. Apa masalah yang Anda hadapi dalam website Anda saat ini?

Untuk melakukan redesign website, Anda harus memiliki alasan yang kuat, bukan sekedar tampilannya yang tidak lagi Anda sukai. Selalu ada fungsi atau fitur yang perlu Anda tingkatkan pada website yang baru. Untuk itu, Anda bisa membuka website Anda saat ini dengan kacamata pengunjung baru dan melihat serta merasakan perjalanan Anda dalam website seperti apa. Apa yang akan Anda klik? Apakah memang di sana Anda ingin klien/ pelanggan Anda mengakses halaman website Anda? Apakah seluruh informasi penting mudah ditemukan? Apakah tombol kontak mudah ditemukan? Apakah proses belanja di website Anda mudah dilakukan?

2. Apa yang bisa memperbaiki masalah-masalah itu?

Apa saja yang bisa membuat pengalaman navigasi website Anda lebih nyaman bagi pengunjung? Apakah tampilan menu yang lebih sederhana? Apakah menu navigasi website membingungkan? Apakah Anda mudah menemukan informasi penting yang perlu Anda sampaikan?

3. Masalah apa yang sedang Anda hadapi dalam bisnis Anda?

Apakah pelanggan Anda menyukai produk Anda namun tidak melakukan pembelian? Apakah mereka kesulitan menghubungi Anda? Tentu saja Anda yang paling memahami perusahaan Anda. Pertanyaan-pertanyaan di sini hanya sebagai contoh. Temukan apa masalah Anda dalam bisnis meskipun tidak ada kaitannya dengan website Anda. Mungkin saja hal itu bisa membantu Anda nantinya.

4. Bagaimana redesign website Anda bisa memperbaiki masalah-masalah itu?

Mungkin Anda bisa mengedukasi pelanggan melalui artikel atau video. Mungkin Anda bisa lebih detail menjelaskan mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Atau Anda bisa menambahkan peta dan deskripsi yang lebih lengkap mengenai lokasi toko atau kantor Anda. Beberapa tips ini hanya sebagai masukan. Andalah yang paling mengetahui permasalahan dalam bisnis Anda dan saat Anda mengetahuinya, Anda bisa mewawancarai pelanggan Anda mengenai hal yang bisa Anda tingkatkan. Anda perlu memandang proses bisnis Anda dari kacamata pelanggan lagi dan melalui seluruh proses pembelian yang mungkin akan dilalui olehnya. Bagaimana Anda membuat proses itu lebih mudah dan lebih nyaman? Dan bagaimana website bisnis Anda bisa membantu Anda?

5. Tuliskan website apapun yang sangat Anda suka dan jelaskan mengapa

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang Anda suka, apa yang dibutuhkan untuk merancang website sesuai yang Anda inginkan.

6. Adakah desain atau tampilan spesifik yang Anda minati untuk website Anda?

Mungkin bentuk halaman yang tidak biasa seperti bentuk slide, akses navigasi tersembunyi di sisi kiri/ kanan halaman, penelusuran halaman secara horizontal dan sebagainya yang ingin Anda aplikasikan pada website baru Anda.

Bonus: Adakah pertimbangan detail tambahan selain yang telah Anda jawab dari 6 pertanyaan di atas?

Sebelum melakukan desain website, Anda sebagai pemilik website dan desainer website harus memiliki pandangan yang sama sehingga terjalin kerjasama yang efektif dan mutualisme. Maka dari itu hal sekecil apapun yang menjadi pertimbangan Anda lebih baik disampaikan di awal daripada saat proses desain telah dilakukan.

Tips terakhir: Susun sitemap Anda sendiri

Sitemap adalah susunan halaman dan sub halaman yang ingin Anda buat dalam website Anda yang baru. Anda perlu mengetahui berapa halaman dan halaman apa saja yang perlu dicantumkan, serta konten yang perlu Anda sampaikan, gambar-gambar yang perlu Anda tunjukkan. Hal ini sangat penting sehingga Anda bisa membayangkan bagaimana hasil akhir website. Tanpa sitemap yang jelas, desainer akan menerka-nerka apa yang sebenarnya bisnis Anda butuhkan. Hal ini kurang direkomendasikan jika Anda berharap proses redesign website Anda efektif mengatasi permasalahan Anda yang telah Anda jawab pada 6 pertanyaan di atas.

Sudah siap untuk melakukan redesign website Anda? Konsultasikan GRATIS kebutuhan website Anda dengan kami untuk website Anda yang lebih optimal.