Website in Business

Mengapa Website Bisnis Anda harus Responsive?

Mengapa Website Bisnis Anda harus Responsive?

Terdapat 2 metode utama dalam menciptakan website perangkat seluler atau yang populer dengan sebutan perangkat mobile yaitu desain website responsive dan template mobile. Lalu apa perbedaannya?

Desain responsive yaitu satu website yang dibuat dan dikembangkan untuk bisa beradaptasi pada semua ukuran layar, tanpa terpengaruh perangkat apa yang sedang pengguna gunakan.

Di sisi lain, template mobile merupakan file terpisah dari website utama yang membutuhkan subdomain atau website khusus mobile di luar domain utama. Template mobile juga dibangun untuk masing-masing situs, bukan untuk setiap ukuran layar perangkat. Hal ini bisa menyebabkan beberapa masalah.

Desain website responsive diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010 oleh Ethan Marcotte. Metode ini adalah metode yang paling populer dan sangat banyak digunakan untuk merancang website yang mobile friendly.

Lalu mengapa website responsive penting untuk bisnis Anda?

1. Penggunaan perangkat mobile berkembang cepat

– Lebih dari 20% pencarian Google dilakukan melalui perangkat mobile, entah itu perangkat tablet/ tab maupun handphone.

– 61% orang memiliki pandangan yang lebih baik terhadap suatu brand jika brand itu menyuguhkan pengalaman akses websitenya melalui perangkat mobile dengan lebih baik.

– 25.85% dari seluruh email dibuka pada handphone dan 10.16% dibuka pada tablet.

2. User experience yang positif adalah keharusan

Berdasarkan Google’s Think Insights mengenai perangkat mobile, jika seorang pengguna mengunjungi website mobile Anda dan tidak menemukan apa yang mereka cari, 61% kemungkinan mereka akan segera meninggalkan website Anda dan berpindah ke website lain yang biasanya adalah kompetitor bisnis Anda.

Dikatakan juga bahwa jika pengguna memiliki pengalaman positif terhadap website mobile Anda, 67% kemungkinan untuk mereka membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

3. Blogging dan penggunaan media sosial menjaring pengunjung dari perangkat mobile

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ComScore, dikatakan bahwa 55% penggunaan media sosial dilakukan pada perangkat mobile. Itu artinya jika Anda membagikan link website Anda tanpa desain website yang mobile-friendly, Anda akan mengalami tingkat konversi yang rendah dan pengunjung yang frustrasi.

4. Desain responsive lebih disukai dalam SEO

Pada Juni 2012, Pierre Farr dari Google mengumumkan bahwa Google lebih memilih desain website responsive dibandingkan template mobile. URL tunggal membuat bot Google lebih mudah untuk menelusuri website dan dapat mengurangi kemungkinan adanya error “on-page SEO”. Maka dari itu, website responsive biasanya memiliki kinerja yang lebih baik dan Anda sebagai pemilik, lebih mudah melakukan maintenance daripada website yang terpisah.

5. Website responsive yang cepat adalah kunci

Salah satu standar yang direkomendasikan di PageSpeed Developers Google yaitu konten yang pertama kali muncul saat membuka website pada perangkat mobile bisa muncul dalam waktu di bawah 1 detik dan sisa halaman muncul dalam waktu di bawah 2 halaman. Saat pengguna harus menunggu terlalu lama untuk load halaman website, biasanya mereka akan meninggalkan website Anda.

6. Desain website responsive bisa beradaptasi dengan perangkat-perangkat masa depan

Salah satu keuntungan lain desain website responsive adalah ukurannya yang menyesuaikan ukuran monitor, bukannya device yang digunakan. Itu artinya, apapun ukuran monitor yang digunakan pengguna untuk mengakses website Anda, tampilannya akan tetap baik.

Bagaimana menurut Anda mengenai desain website responsive? Apakah website Anda telah mengimplementasikan metode ini? Atau Anda berencana untuk segera melakukannya? Salah satu proyek terbaru kami yaitu mengimplementasikan desain website yang responsive untuk percetakan online. Tentunya terbukti kami berkompeten untuk mengimplementasikan desain website responsive untuk website bisnis Anda. Konsultasikan dengan kami secara GRATIS untuk website Anda yang lebih baik.

Sumber: blog.hubspot.com