Website Knowledge

Mengapa WordPress yang Kami Pilih

Mengapa WordPress yang Kami Pilih

Salah satu CMS yang sangat populer di dunia adalah WordPress. WordPress digunakan di hampir seluruh website di dunia. Banyak alasan mengapa WordPress yang kami pilih dan terus gunakan. WordPress adalah platform open source yang cukup powerful untuk pengembangan website. Sebenarnya awalnya WordPress digunakan untuk keperluan blogging. Dengan kemampuannya dimodifikasi dan dikembangkan sesuai kebutuhan maka WordPress digunakan secara luas sebagai CMS. Beberapa situs web ternama yang menggunakan WordPress sebagai engine-nya antara lain CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch dan sebagainya.

Selain karena banyak fitur powerful di dalamnya, WordPress populer karena komunitasnya yang tersebar di seluruh dunia. Komunitas WordPress terdiri dari orang-orang dengan level penggunaan WordPress yang bervariatif, mulai dari pengguna awam, power user, theme programmer, support programmer, forum moderator hingga programmer WordPress profesional.

Terdapat 2 situs resmi WordPress yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com adalah situs yang digunakan untuk blogging menggunakan server WordPress. Penggunanya perlu mendaftar akun untuk menggunakan layanan WordPress.com. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan teknis yang sulit. Karena website berada pada server WordPress.com, penggunanya tidak bisa mengubah data website. Itu berarti pengguna tidak bisa mengubah website menjadi seperti yang diinginkan. Pengguna hanya bisa memilih template dan memodifikasi konten website. Domain pengguna WordPress.com merupakan subdomain dari WordPress.com. Sebagai contoh, namasaya.wordpress.com adalah URL blog seseorang yang membuat website di WordPress.com. Domain tanpa wordpress.com bisa digunakan jika pengguna menggunakan layanan domain berbayar untuk menggantikan subdomain wordpress sebelumnya.

WordPress.org adalah situs yang diperuntukkan untuk pengembang (developer). Pengembang mengunduh plugin, file CMS dan sebagainya dalam situs ini. Kelebihan file WordPress ini adalah pengguna bisa melakukan instalasi di server mana saja yang ia miliki atau sewa. Itu artinya pengguna bisa memodifikasi website sesuai yang ia inginkan sejauh ia menguasai pemrograman yang digunakan dalam WordPress. Dengan begini, pengguna sepenuhnya memiliki file website. Domain dan penyimpanan file website berada di tangan pengguna.

WordPress terus berkembang dan diperbaiki. Tidak hanya engine-nya namun juga plugin-plugin pendukungnya, gratis maupun berbayar. Saat artikel ini ditulis, engine WordPress mencapai versi 4.5.3 dan terus berkembang. Dengan semua kelebihan WordPress, Tim Rowcell sebagai web developer tidak ragu menggunakan WordPress sebagai engine di balik website-website yang kami kerjakan. Anda tidak perlu ragu pula menghubungi kami untuk menanyakan apa pun. Bisa jadi kami adalah wordpress developer yang Anda cari selama ini.